Psikologi Pendidikan Islam​

Latar Belakang/Sejarah​

Era globalisasi dunia saat ini menuntut kita untuk memiliki kompetensi yang berdaya saing tinggi. Sejumlah kompetensi masa depan dapat diwujudkan melalui pendidikan tinggi yang baik, khususnya jenjang doktor (S3) sebagai puncak jenjang pendidikan dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yakni mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji; mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Untuk mencapai kompetensi tersebut, Program Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dipercaya menyelenggarakan Program Studi Psikologi Pendidikan Islam.

Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam UMY memberikan layanan pendidikan yang bermutu untuk melahirkan doktor yang kompeten dalam bidang psikologi pendidikan Islam. Doktor psikologi pendidikan Islam bukan hanya memenuhi akselerasi program pemerintah menghasilkan 7000 doktor, tetapi lebih dari itu, program doktor Psikologi Pendidikan Islam UMY menyiapkan para doktor yang kompeten dalam menyelesaikan pelbagai persoalan bangsa, khususnya di bidang pendidikan.

Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam didirikan pada tahun 2006. Pendirian Prodi ini disahkan oleh Pemerintah berdasarkan Surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No. Dj.II/451/2006. Prodi Psikologi Pendidikan Islam ini terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nilai akreditasi B berdasar SK-BAN-PT No. 1134/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2016.

Tentang Program

Akreditasi

Prodi Psikologi Pendidikan Islam ini telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nilai akreditasi B berdasar SK-BAN-PT No. 1134/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2016.

Program Unggulan

  1. Internasionalisasi berbasis Psikologi Pendidikan Islam
  2. Seminar Nasional dan Internasional dengan konsentrasi pada bidang Psikologi Pendidikan Islam
  3. Visiting Profesor yang ahli pada bidang Psikologi Pendidikan Islam
  4. Klinik Disertasi yang lebih menekankan pada kualitas pembimbingan dan karya akademik
  5. Pendampingan riset disertasi yang bersifat humanis serta menekankan pada proses dan hasil yang unggulan

Unggul dan kompetitif dalam pengembangan ilmu Psikologi Pendidikan Islam bagi peradaban umat manusia.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan kajian psikologi pendidikan Islam tingkat doktoral yang berkeunggulan akademik dan moral;
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuan psikologi pendidikan Islam yang berbasis nilai-nilai keislaman;
  3. Menjadi pusat pengembangan intelektual untuk mencerdaskan dan memberdayakan umat untuk mewujudkan kemaslahatan.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang psikologi pendidikan Islam.

"Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam UMY memberikan layanan pendidikan yang bermutu untuk melahirkan doktor yang kompeten dalam bidang psikologi pendidikan Islam."​

Dr. Abdul Majid, M. Ag​
Kaprodi Psikologi Pendidikan Islam

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Magister Manajemen silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 267

Gedung Pascasarjana Lt. 1 Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul Yogyakarta, 55183