Magister Ilmu Hubungan Internasional​

Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, prodi MIHI telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2014 melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi  (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitas practical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan efektivitas pembelajaran dengan model Student Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan program studi Manajemen yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.

Tentang Program

Akreditasi

Prodi Imu Hubungan Internasional sakit terakeditasi B Nomor 183/SK/BANPT/Akred/M/IV/2014

” Menjadi program magister ilmu Hubungan Internasional yang terkemuka di  Indonesia dalam pengembangan pengetahuan dan keahlian pada disiplin ilmu Hubungan Internasional yang bermanfaat bagi kemanusiaan pada 2020”

  1. menyiapkan peserta didik  menjadi pemimpin masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan ilmu hubungan internasional dalam mengelola kerjasama, resolusi konflik, dan diplomasi.
  2. menyiapkan peserta didik  untuk dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hubungan internasional, khususnya studi kerjasama, resolusi konflik dan diplomasi internasional serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional;
  3. mendukung pembangunan masyarakat madani yang demokratis dan berakhlak mulia dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri dan Islami
Tujuan Umum:           

Terwujudnya magister hubungan internasional yang memiliki kemampuan sebagai pengajar, birokrat, dan peneliti yang unggul dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki, sehingga berguna bagi masyarakat dan negara.

Tujuan Khusus:

Terwujudnya magister yang memiliki:

  1. Kemampuan teoritik dan praktik di bidang Hubungan Internasional khususnya kerjasama, resolusi konflik, dan diplomasi internasional yang berstandar nasional dan internasional dengan berlandaskan nilai – nilai dasar Islam yang kuat.
  2. Kemampuan memproduksi dan menyebarluaskan karya ilmiah dalam publikasi nasional dan internasional yang berguna bagi pengembangan Ilmu Hubungan Internasional.

“Kurikulum MIHI difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan dengan model Student Centered Learning (SCL) ."​

Dr. Surwandono, M.Si.​
Kaprodi Magister Ilmu Hubungan Internasional

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Magister Manajemen silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 289

Gedung Pascasarjana Lt. 2 Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijiya, Kasihan, Bantul Yogyakarta, 55183