Konferensi Nasional Ke-5 APPPTM Se Indonesia

Januari 5, 2017 oleh : superadmin-pa

Perguruan Tinggi Muhammadiyah telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia dalam ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk membangun Indonesia di masa depan. SDM merupakan salah satu pilar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekonologi (iptek), karena salah satu ukuran suatu Negara itu masuk kelompok Negara maju adalah penguasaan terhadap ipteks melalui proses pendidikan yang berkualitas

Tahuan 2016 tantangan baru telah ditabuh melalui kesepakatan Negara-negara Asia Tenggara dengan membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau sering disebut dengan istilah ASEAN Economic Community (AEC)yang salah satunya adanya pasar bebas tenaga kerja. Kompetisi tenaga kerja akan semakin ketat, maka menuntut lembaga pendidikan Muhammadiyah harus berhasil melahirkan SDM yang berkualitas yang diproses melalui proses pendidikan yang berkualitas pula. Ukuran kualitas suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh akreditasi institusi, akreditasi program studi, dan akreditasi internasional serta rangking nasional dan internasional.

Standart untuk mendapatkan akreditasi unggul salah satunya adalah banyaknya karya ilmiah dosen dan mahasiswa hasil dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan dan jurnal internasional yang terindeks di scopus yang memberikan dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, hasil penelitian tersebut diterapkan oleh suatu lembaga (stakeholders) baik dalam bidang ekonomi, tekonologi, politik, seni, sosial budaya maupun pertahanan keamanan.

Selain itu dengan sepenuh hati disadari bahwa Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia belum memiliki standart penjaminan mutu yang sama, sehingga perlu dengan serius membuat standart mutu yang dapat dijadikan pedoman PTM dalam mengelola Program Pascasarjana.

Konferensi Nasional ke-5 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPTM) menentukan tema “Orientasi Program Pascasarjana PTM: Memperkuat Tradisi Riset dan Publikasi”, merupakan jawaban dari tantangan pendidikan untuk meningkatkan kualitas akademik.

Klik Selengkapya