Magister Manajemen Rumah Sakit

MMR-UMY didirikan pada tahun 2008, Pendirian Program ini merupakan langkah strategis kepentingan ideal dan konstektual. Sebagai bagaian  dari UMY, selaku Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mempunyai kepentingan organisasi untuk mengemban misi Persyarikatan khususnya dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan umat. Program MMR-UMY ini dapat menjadi kepanjangan tangan bagi Muhammadiyah dan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional di bidang Manajemen Rumahsakit. MMR-UMY ini telah menjadi pusat keunggulan (center of excellence) bagi pendidikan Magister Manajemen Rumahsakit di Indonesia dan jaringan (network) sarana kesehatan di Amal Usaha Muhammadiyah. MMR-UMY merupakan pendidikan Magister yang berorientasi untuk menghasilkan lulusan baik sebagai entrepreneur maupun manajer yang professional di RS dengan memberikan jasa akademik yang memenuhi kualifikasi bagi pembentukan entrepreneur dan kebutuhan manajerial bagi Rumahsakit (RS).

MMR-UMY menawarkan program kelas reguler dan eksekutif. Kelas eksekutif dirancang bagi eksekutif RS yang membutuhkan sistem perkuliahan dan waktu yang berbeda dengan kelas regular. MMR-UMY juga menawarkan program non gelar seperti program pelatihan dan jasa konsultasi manajemen RS.   

MMR-UMY telah menggunakan/memiliki jaringan network-nya yang luas pada industri RS baik RS yang berada di bawah Amal Usaha Muhammadiya, RS Pemda, RS Pemerintah  maupun jaringan profesi Kedokteran dan RS untuk memberikan keunggulan dalam pelayanan pengajaran, riset.

Mahasiswa MMR-UMY berasal dari fresh graduate dan praktisi RS baik swasta maupun pemerintah dari seluruh Indonesia. MMR-UMY didukung oleh tenaga pengajar sebanyak 66 yang berasal dari akademisi dan praktisi dimana 30 persennya bergelar doktor.

Tentang Program

Akreditasi

Prodi Magister Manajemen Rumah sakit terakeditasi B Nomor : 973/SK/BAN-PT/AKRED/MIX/2015

Kompetensi Lulusan

Berlandaskan visi dan misi yang telah ditetapkan, profil setiap lulusan dari Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit UMY adalah sebagai:

  1. Entrepreneur Hospital dan,
  2. Professional Manager Hospital

Latar Belakang Pendirian MMR UMY

  • Kebutuhan lembaga Pelayanan Kesehatan akan Manajer Rumah Sakit yang profesional yang mampu mengelola bisnis “non profit” dengan beretika Islami.
  • Peningkatan jumlah Rumah Sakit yang meningkat pesat setiap tahunnya.
  • Persyaratan tentang Kompetensi Direksi: Permenkes no.971/Menkes/Per/XI/2009 tentang Standar Kompentensi Pejabat Struktural Kesehatan Menteri KEsehatan RI DIREKTUR RS HARUS MEMILIKI LATAR BELAKANG KEMAMPUAN MANAJER RS.
  • Menyediakan lulusan S2 yang memiliki kompetensi sebagai Manajer dan Entrepreneur Rumah Sakit.

Program Unggulan

Benchmarking

Benchmarking sebagai suatu proses belajar yang berlangsung secara sistematis dan terus menerus di mana setiap bagian dari suatu rumah sakit dibandingkan dengan rumah sakit yang terbaik atau pesaing yang paling unggul. 

Gelar Kesarjanaan

Gelar kesarjanaan yang diberikan dalam program MMR-UMY ini adalah Magister Manajemen Rumahsakit (MMR).

Kegiatan Pembelajaran

Kuliah kelas, Audio and Teleconference, Skill, Tutorial, Kuliah Pakar, Field Site Teaching, Case Presentation, WorkshopLeadership Skill, dll

Mewujudkan institusi pendidikan yang menjadi pusat penelitian dan pengembangan ilmu manajemen rumah sakit di Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Islami pada tahun 2020.

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu manajemen rumah sakit yang didukungtenagaedukatif yang expert dan kompeten serta memiliki pengalaman di bidangnya dengan sarana prasarana yang mutakhir
  2. Melaksanakan kurikulum pendidikan manajemen rumah sakit dengan materi yang dinamis untuk menjawab kebutuhan manajer RS yang berwawasan global
  3. Memberikan pengabdian dengan melakukan kegiatan pengembangan manajemen bagi institusi rumahsakit secara profesional
  4. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan mampu mengabdikan ilmunya untuk kemaslahatan umat

"Pendirian Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit merupakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga manajer Rumah sakit yang profesional dan berjiwa leadership."​

Dr.dr Arlina Dewi .M.Kes.,AAK
Kaprodi Magister Manajemen Rumah Sakit

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 218

Gedung Pascasarjana Lt. 1 Kampus Terpadu UMY Jl. Lingkar Selatan, Bantul Yogyakarta, 55183