Manajemen

Program Doktor Manajemen UMY berperan penting sebagai salah satu pusat pengembangan kajian manajemen untuk menjawab berbagai tantangan di atas dengan membangun keunggulan berbasis pada kearifan lokal dan nilai-nilai Islam. Hal tersebut selaras dengan visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Direktorat Pascasarjana UMY yang mengedepankan aspek-aspek keunggulan pada skala nasional dan internasional dengan penguatan kearifan lokal dan nilai-nilai Islam.

 

Profil profesi atau jenis pekerjaan atau bentuk kerja lainnya lulusan program studi Doktor Manajemen UMY berdasarkan studi keterlacakan lulusan dari program studi sejenis (Doktor Manajemen) dari perguruan tinggi-perguruan tinggi lain baik secara lokal, nasional dan/atau Global yang sudah berjalan adalah : dosen, pengusaha, manajer perusahaan swasta, pimpinan instansi pemerintah atau legislative, pejabat Polri/TNI, konsultan bisnis/manajemen dan lain-lain.
Sehingga lulusan Program Doktor Manajemen UMY diharapkan mempunyai kualitas dan kemampuan serta berdaya saing dalam :
1. Mengembangkan ilmu dan memecahkan masalah dalam bidang Manajemen.
2. Menemukan ilmu melalui penelitian di bidang Manajemen, baik dalam cakupan mikro (kasus lintas fungsi dalam perusahaan) dan sektoral (lintas perusahaan).
3. Mengkomunikasikan dan menerapkan Ilmu Manajemen dalam pemecahan masalah di bidang Manajemen dalam masyarakat.
4. Menjembatani gap antara dunia akademik dengan dunia pekerjaan.

Kurikulum

Kurikulum pendidikan doktor adalah seperangkat bahan pembelajaran dan bahan kajian yang terstruktur dan bertahap untuk menghasilkan kompetensi doktor sebagai capaian pembelajaran dilengkapi dengan metoda dan proses pembelajarannya serta tahapan penilaian. Kurikulum harus memuat capaian pembelajaran yang mengacu pada deskripsi jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (Perpres Nomor 8 Tahun 2012) dan Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Keunggulan Program Studi Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan pengembangan bidang ilmu ditingkat nasional dan internasional, kajian capaian pembelajaran, dan perbandingan dengan kurikulum dari program studi sejenis (berdasarkan hasil bench marking pada program Doktor Manajemen Universitas Padjajaran Bandung (www.dim.feb.unpad.ac.id) dan program Doctor of Philosophy (PhD) Management University of New Sout Wales (UNSW) Business School (https://www.business.unsw.edu.au/degrees-courses/research/phd-management#Structure)

Menjadi Program Doktor Manajemen unggulan di Indonesia pada tahun 2025 dan menjadi salah satu pusat pengembangan kajian bisnis dan manajemen yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
Visi ini berangkat dari kesadaran adanya berbagai tuntutan perubahan di sektor bisnis sehingga dibutuhkan suatu pengelolaan yang profesional antara lain dengan penyediaan tenaga ahli di bidang manajemen. Dalam era kompetisi global dimana perkembangan bisnis di Indonesia semakin pesat maka tuntutan profesionalisme dalam bidang bisnis dan manajemen menjadi semakin meningkat. Oleh karena itu, Program Doktor Manajemen UMY berperan penting sebagai salah satu pusat pengembangan kajian manajemen untuk menjawab berbagai tantangan di atas dengan membangun keunggulan berbasis pada kearifan lokal dan nilai-nilai Islam. Hal tersebut selaras dengan visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Direktorat Pascasarjana UMY yang mengedepankan aspek-aspek keunggulan pada skala nasional dan internasional dengan penguatan kearifan lokal dan nilai-nilai Islam.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat doktoral yang berwawasan global, aplikatif, dan inspiratif sesuai nilai-nilai Islam dan/universalitas kemanusiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang manajemen yang mampu menerjemahkan dan mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam kehidupan modern.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan menerapkan hasil-hasil penelitian sesuai road map pengabdian masyarakat Pascasarjana dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  4. Berperan sebagai pusat pengembangan intelektual Muhammadiyah dalam bidang manajemen untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia.
  1. Menghasilkan doktor manajemen yang memiliki keahlian akademik dan professional.
  2. Mengembangkan ilmu manajemen dan memecahkan masalah-masalah di bidang manajemen.
  3. Menghasilkan penelitian sesuai road map pengabdian masyarakat Pascasarjana dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang manajemen.
  4. Menjembatani terjadinya knowing-doing gap antara pendidikan dengan praktek manajemen.
  5. Menghasilkan program-program pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen sesuai dengan road map pengabdian masyarakat Pascasarjana dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  6. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri terkait dengan pengembangan visi, misi dan tujuan keilmuan program studi Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Program Doktor Manajemen silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 173

Gedung Pascasarjana Lt. 2 Kampus Terpadu UMY Jl. Lingkar Selatan, Bantul Yogyakarta, 55183