Ekonomi Program Magister

Akreditasi

Program Studi Ekonomi Program Magister Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah mendapatkan  Izin Pembukaan Program Studi berdasarkan SK Nomor: 407/E/O/2023.

Konsentrasi

  • Ekonomi Islam

Konsentrasi ekonomi Islam merupakan salah satu keunikan dari Program Studi Ekonomi Program Magister untuk menyiapkan tenaga profesional yang mampu berkonstribusi dalam bidang keuangan dan perbankan Islam, manajemen wakaf dan filantropi Islam, digitalisai ekonomi keuangan (financial technology), dan tenaga profesional pada industri halal. Kurikulum Program Studi Ekonomi Program Magister konsentrasi ekonomi Islam juga di lengkapi dengan sertifikasi profesi untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Sertifikasi profesi pada konsentrasi ekonomi Islam antara lain: sertifikasi okupasi analis kebijakan publik, klister pengelolaan oprasional produk dan jasa perbankan, klaster pengelolaan informasi oprasional produk dan jasa perbankan, sertifikasi manajemen resiko perbankan syariah, sertifikasi manajemen dana wakaf.

  • Ekonomi Pembangunan Berkelanjutan

Pengembangan keahlian pada Prodi ME di rumuskan melalui sertifikasi kompetensi yang harus di miliki setiap mahasiswa sebelum di nyatakan lulus dari Prodi ME. Pengembangan keahliaan juga di lakukan melalui proses pembelajaran dengan mengundang praktisi/tenaga ahli untuk menjadi team teaching dalam matakuliah. Peningkatan keahlian mahasiswa juga di lakukan melalui materi pembelajaran yang menekankan pada penyelsaian studi kasus atau proyek penelitian pengembangan keahlian pada Prodi ME diperkuat dengan keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah BNSP yang ada di Universitas Muammadiyah Yogyakarta

Profil Lulusan

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1

Akademisi

Lulusan mampu memgembangkan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat luas, baik sebagai peneliti maupun akademisi di berbagai lembaga perguruan tinggi negeri maupun swasta dan memiliki kemampuan untuk meneruskan ke jenjang Pendidikan doktoral.

2

Praktisi Ekonomi & Bisnis

Lulusan mampu mengembangkan ilmu dalam dunia ekonomi dan bisnis, dalam prespektif multi-disipliner yang di akui global

Metode Perkuliahan

 

Pelaksanaan Perkuliahan

 

Gelar Kesarjanaan

Gelar yang didapat dari program studi Ekonomi Program Magister adalah 

Program Studi Ekonomi Program Magister merupakan salah satu Program Studi Strata 2 (dua) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Penciri khas dari Program Studi Ekonomi Program Magister adalah, mahasiswa dapat belajar secara tutorial dan praktikum dengan dosen Program Studi Ekonomi Program Magister atau menyelenggarakan tesis yang topik penelitiannya merupakan cabang/sub/bagian dari topik besar Program Studi Ekonomi Program Magister. Setelah mahasiswa Program Studi Ekonomi Program Magister menyelsaikan studinya, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan dua sertifikat yaitu:

1. Sertifikat sebagai alumni Program Studi Ekonomi Program Magister,

2. Minimal mendapatkan 1 sertifikasi keahlian pada bidang keahlina yang dipilih

"Program studi Ekonomi Program Magister menawarkan lingkungan belajar yang mendukung dan kaya akan sumber daya akademik dan profesional. Setelah berhasil menyelesaikan program ini, para lulusan akan siap untuk memimpin dalam berbagai peran di industri dan pemerintahan, serta melanjutkan pendidikan mereka dalam doktoral Ekonomi atau bidang studi terkait lainnya."

Prof. Dr. Imamudin Yuliadi, SE., M.Si.
Kaprodi Ekonomi Program Magister UMY

Menjadi Program Studi Magister Ekonomi yang Unggul dan Terkemuka di ASEAN dalam menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dalam persaingan Global, berlandaskan nilai-nilai Islam pada tahun 2045

a) Menyelenggarakan pendidikan strata 2/magister yang mampu menganalisis isu-isu ekonomi dan bisnis untuk menjawab permasalahan bangsa serta merespon perubahan daya saing global.

b) Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu ekonomi dengan pengiuasaan metode kuantitatif dan kualitatif bagi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan.

c) Melakukan kegiatan publikasi ilmiah bagi karya inovatif dan membangun daya saing bangsa.

d) Membangun jejaring dan kerjasama dengan stakeholder untuk pengembangan IPTEKS di bidang ekonomi dan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Ekonomi Program Magister silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 247

+6285226202525 (Whatsapp)

Gedung Pascasarjana Lt. 2 Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijiya, Kasihan, Bantul Yogyakarta, 55183