Politik Islam - Ilmu Politik

Visi Program Studi Politik Islam – Ilmu Politik (PI-IP) UMY adalah “Menjadi program studi strata doktor ilmu politik dengan fokus studi Islam kawasan yang terkemuka di Asia dalam pengembangan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru melalui riset empiris yang dipublikasikan secara nasional dan internasional untuk kemaslahatan umat, bangsa, dan negara”.

Pendirian Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Pada awal abad ke-21, masyarakat dunia, khususnya Indonesia, sangat berharap akan munculnya era kebangkitan Islam, termasuk dalam dunia politik. Namun, kenyataannya publik sangat kecewa dengan prestasi politik Islam di berbagai negara yang cenderung justru membawa ketidakbaikan bagi kehidupan umat manusia. Sayangnya, tidak ada program studi doktor politik di berbagai perguruan tinggi yang khusus mengkaji masalah ini. Di satu sisi, banyak perguruan tinggi Islam lebih memfokuskan diri pada kajian normatif dan historis tentang politik di masa sahabat-sahabat nabi hingga abad modern. Di lain sisi, banyak perguruan tinggi negeri lebih mengkaji fenomena politik kekinian. Oleh karena itu, untuk memenuhi harapan publik akan kajian-kajian yang memadukan pendekatan-pendekatan yang ada, UMY mendirikan Program Studi Doktor Politik Islam – Ilmu Politik.

Tentang Program

Akreditasi

Program Doktor Program Studi Politik Islam-Ilmu Politik Terakreditasi “A” SK. BAN-PT No. 0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016.

Konsentrasi

Negara, kekuasaan, dan agama; gerakan Islam; media, Islam,danpolitik; demokrasi; partai politik; pemilu dan parlemen; masyarakat beradab; organisasi Islam; kejahatan transnasional dan terorisme; konflik regional dan resolusi; kelompok minoritas di kawasan; kebijakan luar negeri; kebijakan publik; pelayanan publik; organisasi publik; kepemerintahan.

Menjadi program studi doktor terkemuka di Asia dalam pengembangan teori/konsepsi/gagasan tentang politik keislaman melalui riset empiris yang dipublikasikan secara nasional dan internasional untuk kemaslahatan umat, bangsa, dan negara pada tahun 2023.

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran politik ke-Islam-an -berbasis Ilmu Sosial Politik (hubungan internasional, pemerintahan, administrasi negara, komunikasi, sosiologi)  yang dipadukan secara tematik, integratif,  dan inovatif dengan studi politik Islam kontemporer.
  • Mengembangkan teori dan ilmu pengetahuan baru bidang politik ke-Islam-an melalui penelitian dan kajian empiris tentang politik perdamaian; studi Islam kawasan; Islam dannation-state; Islam dan demokrasi; Islam dan relasi minoritas-mayoritas; hukum negara dan perundangan syariat Islam; Islam: konflik dan integrasi; Islam  dan HAM; Islam  dan gender; Islam  dan NGO; Islam  dan nasionalisme; Islam  dan sekularisme; liberalisme  dan pluralisme Islam; fundamentalisme Islam; terorisme; Islam  dan civil society; media, Islam dan negara;clean dan good governance in Islam; Islam dan toleransi; multicultural citizenship; Islam  dan kebijakan publik; pemikiran politik Islam; politik ekonomi; partai politik Islam; ormas Islam; kelompok kepentingan Islam; kelompok penekan Islam.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat yang kontributif dalam memecahkan permasalahan kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan

"Pendirian Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Fokus kajian sebagaimana visi program studi adalah studi Islam Kawasan dengan tema sentral 'Islam, Politics and Media'."​

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M. Sc
Kaprodi Politik Islam-Ilmu Politik

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Politik Islam – Ilmu Politik silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 316

Gedung Pascasarjana Lt. 1 Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijiya, Kasihan, Bantul Yogyakarta, 55183