Magister Keperawatan

Program Studi Magister Keperawatan (Prodi M.Kep) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah salah satu program pascasarjana yang didirikan berdasarkan surat mandat dari Dirjen DIKTI tentang Pembukaan Prodi S2 Keperawatan Nomor: 720/E/T/2011 dan dikuatkan dengan pemberian ijin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan DIKTI Nomor: 267/E/0/2012 dalam rangka menyiapkan tenaga perawat pendidik profesional baik konsep maupun penerapannya untuk pengembangan kualitas pendidikan Keperawatan di  Indonesia.

Visi Prodi Magister Keperawatan adalah menjadi program magister keperawatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian keperawatan berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman untuk kemaslahatan umat di Indonesia pada 2020 dan di Asia pada 2025.

Akreditasi

Magister Keperawatan UMY memiliki Akreditasi B dengan nomor SK BAN-PT No. 463/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014.

Kompetensi lulusan

Program Studi Magister Keperawatan UMY menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang telah disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Program Studi Magister Keperawatan UMY mengimplementasikan student-centered learning dengan metode pembelajaran yang beragam seperti: expert lecture, mentoring, tutorial, field-trip, dan lain sebagainya. Nilai-nilai keIslaman yang merupakan penciri dari Institusi Pendidikan Muhammadiyah diintegrasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran. Terdapat empat peminatan yang ada di Magister Keperawatan UMY, yaitu Keperawatan Medikal Bedah, Nursing Education, Keperawatan Jiwa, dan Keperawatan Komunitas.

Peluang Karir

Magister Keperawatan UMY mencetak lulusan yang siap berkarir di instansi kesehatan maupun pendidikan, baik itu pemerintah maupun swasta.

Metode Perkuliahan

Tatap mukaDiskusi kelas antara dosen dan mahasiswa
MentoringBimbingan yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswauntuk menyelesaikan suatu kasus atau permasalahan yang  dibagi dalam kelompok kecil.
TutorialDiskusi kelompok mahasiswa berdasarkan referensi dan jurnal dalam menjawab dan menyelesaikan suatu kasus yang difasilitasi oleh dosen sebagai tutor.
Kuliah dosen tamuPerkuliahan yang dilakukan oleh Prodi dengan mengundang pakar keperawatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Field site teachingProses pembelajaran yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terpapar langsung dengan fenomena/kegiatan nyata. Kegiatannya bervariasi baik di lingkungan RS, Pendidikan tinggi keperawatan maupun melalui kegiatan seminar dan konferens yang bertaraf Nasional maupun Internasional.

Lama Studi

2 tahun yang ditempuh dalam 4 semester

Gelar Kesarjanaan

Magister Keperawatan (M.Kep)

Annual Scientific Forum

ASF merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai salah satu bentuk komitmen Program Studi Magister Keperawatan UMY untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keperawatan serta pendidikan keperawatan di Indonesia. Tujuan penyelenggaraan ASF adalah meningkatkan suasana akademik serta untuk memberikan ruang bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan stakeholder lain dalam bidang keperawatan untuk berdiskusi tentang perkembangan ilmu keperawatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia.

ASF diselenggarakan bekerjasama dengan berbagai institusi kesehatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia maupun di Asia, diikuti oleh akademisi, peneliti dan praktisi di bidang keperawatan.

Student Exchange

Setiap tahun Program Studi Magister Keperawatan UMY menerima dan mengirimkan mahasiswa dari institusi pendidikan keperawatan di luar negeri dalam program student exchange. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan tentang transcultural nursing, memperkaya pengalaman mahasiswa, dan meningkatkan pengetahuan dalam bidang keperawatan serta pendidikan keperawatan. 

Joint Research

Program Studi Magister Keperawatan UMY saat ini telah bekerjasama dengan institusi-institusi pendidikan keperawatan di Indonesia da Faculty of Nursing Khon Kaen University Thailand untuk melakukan penelitian di Indonesia dan Thailand. Saat ini Program Studi Magister Keperawatan juga sedang menginisiasi program joint research dengan Central Taiwan University of Science and Technology dan Chubu Gakuin University Japan.

International Practice

Praktek di luar negeri merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan UMY, ditempuh pada Blok V semester III dengan bobot 4 SKS. Hingga saat ini telah terdapat 7 institusi pendidikan keperawatan dan rumah sakit pendidikan tujuan program International practice yang tersebar di Thailand, Taiwan, Malaysia, Philippines dan China.

Biaya Pendidikan di Program Studi Magister Keperawatan UMY Tahun 2018/2019 adalah sebagai berikut:

  1. Biaya Pendaftaran Rp. 300.000
  2. DPP Rp. 5.000.000 diangsur 4 kali setiap semester
  3. SPP Rp. 45.000.000 dibayarkan dengan sistem termin selama 4 semester

Testimoni Alumni

Apa kata mereka?

Program-program Magister Keperawatan UMY menjadi yang terdepan karena selalu mengembangkan inovasi berbasis evidence. Dosen-dosen berkualitas dari dalam dan luar negeri yang menjadi favorit mahasiswa yang kuliah di UMY. Saya merasa bangga menjadi bagian dari alumni Magister Keperawatan UMY.
Fahni Haris, S.Kep.,Ns.,M.Kep
Dosen Magister Keperawatan UMY
Magister Keperawatan UMY memiliki dosen pengajar yang sarat akan pengalaman standar Internasional didukung sarana prasarana yang sangat menunjang dalam pembelajaran dan praktik berstandar Internasional dengan memiliki rumah sakit binaan sendiri. Itulah yang mengantarkan saya untuk mewujudkan cita-cita sebagai dosen kardiovascular di institusi tempat saya bekerja.
Prima Trisna Aji, S.Kep.,Ns.,M.Kep
Dosen & Kepala SDM STIKES Mamba'ul ' Ulum Surakarta

"Memberikan yang terbaik bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang sesuai dengan standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)"​

Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D
Kaprodi Magister Keperawatan

Menjadi Program Magister Keperawatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian keperawatan berlandaskan nilai-nilai keislaman untuk kemaslahatan umat di Indonesia pada 2020 dan di Asia pada 2025.

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan di tingkat magister dengan standar nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang menghasilkan teknologi keperawatan.
  3. Menerapkan ilmu keperawatan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan umat.
  4. Menghasilkan Magister Keperawatan yang berakhlak mulia dan mampu mengintergasikan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan pelayanan keperawatan profesional.

Mampu mewujudkan magister keperawatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berakhlak mulia sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

  1. Meningkatkan kualitas hasil pendidikan yang berstandar nasional dan international

  2. Meningkatkan budaya meneliti yang menghasilkan penelitian yang berkualitas dan tepat guna.

  3. Meningkatkan pelayanan keperawatan profesional berbasis bukti dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Magister Keperawatan silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 321

Gedung Pascasarjana Lt. 2 Kampus Terpadu UMY Jl. Lingkar Selatan, Bantul Yogyakarta, 55183