Magister Manajemen

Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM-UMY), berperan aktif dalam pengembangan diri manajer dan profesional berbasis pada pengetahuan dan ketrampilan bisnis yang unggul dan etika moralitas yang mencerahkan. Program Magister Manajemen (MM) menyiapkan lulusannya memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha (Entreprenuer).

Akreditasi

Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Terakreditasi B dengan sk BAN PT No : 1010/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2016

Konsentrasi & kompetensi lulusan

Lulusan Program Magister Manajemen memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan profesional serta cara pandang yang komprehensif; mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah manajemen berdasarkan alur berpikir-sistem; memiliki kemampuan scenario building dalam pemecahan masalah manajemen; mampu mengembangkan kajian-kajian teoretis konsepsional terkini; memiliki kemampuan mencerna buah pikir manajemen; kemampuan melakukan berbagai penelitian dasar maupun terapan yang unggul dalam bidang manajemen. 

Lulusan Program Magister Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika akademik dan profesi, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik. 

Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb. 

Kompetensi dasar Magister Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut. 

Lulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.

Peluang Karir

Lulusan Magister Manajemen (MM) dapat bekerja dan berkarir sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, dsb.

Sebagai entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.

Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

Metode Perkuliahan

Kurikulum Program Studi MM terdiri dari 3 (tiga) komponen yaitu:

  1. Kuliah Matrikulasi,
  2. Kuliah Pokok Manajemen,
  3. Kuliah Konsentrasi (pilihan).

Kurikulum ini dirancang dengan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang manajemen secara lebih baik. Mahasiswa MM diwajibkan mengikuti seluruh matakuliah pokok dan mata kuliah konsentrasi.

Lama Studi

Waktu yang ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan masa studi di Magister Manajemen 1,5-2 tahun

Gelar Kesarjanaan

Gelar yang didapat dari program studi Magister Manajemen adalah M.M.

Prodi Studi Magister Manajemen merupakan salah satu Program Studi Strata 2 (dua) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Persaingan bisnis yang semakin mengglobal dan perkembangan tenologi sedemikian pesatnya, yang telah menciptakan perubahan pada tiap aspek kehidupan, Program Magister Manajemen mempersiapkan mahasiswa untuk unggul dalam ilmu pengetahuan manajemen dan kajian bisnis yang berdasarkan nilai-nilai Islam.

Prodi Studi Magister Manajemen secara terus menerus merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya pencapaian standar mutu dan layanan pendidikan yang dapat bersaing di tingkat internasional serta dapat memberikan layanan pendidikan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia.

Rincian Biaya Pendidikan Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

  • Pendaftaran : Rp 250.000
  • Registrasi : Rp 1.150.000
ANGSURANBIAYA KULIAH
 SPP (Rp)DPP (Rp)
Angsuran 17.500.000500.000
Angsuran 27.500.000500.000
Angsuran 37.500.000500.000
Angsuran 43.350.000500.000
TOTAL25.850.0002.000.000​

Testimoni Alumni

Apa kata mereka?

MM UMY sangat membantu saya dalam segala hal, dalam ilmu juga pengalaman, baik itu formal maupun non formal, sangat bermanfaat dalam praktik keseharian saya yang berprofesi sebagai dosen..
dr. Merita Arini, M.M.
Dosen di Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit UMY
Saya memperoleh banyak pengalaman yang tak ternilai, pengetahuan dan relasi selema belajar di Magister Manajemen UMY. Magiter Manajemen UMY memiliki pengajar yang profesional dan fasilitas yang lengkap. Pengalaman yang tidak terlupakan adalah saya meraih predikat "Best Paper" pada konferensi internasional di Thailand. Saya bangga menjadi bagian dari keluarga Magiter Manajemen UMY.
Heny Widiastuti, S.H., M.M.
Staf Departemen Tenaga Kerja, Daerah Isitimewa Yogyakarta

"Program Magister Manajemen mempersiapkan mahasiswa untuk unggul dalam ilmu pengetahuan manajemen dan kajian bisnis yang berdasarkan nilai-nilai Islam."

Dr. Arni Surwanti, M.Si
Ketua Program Studi Magister Manajemen

Mewujudkan Program Magister Manajemen yang menjadi salah satu pusat pengembangan kajian bisnis dan manajemen di Asia Tenggara yang berlandaskan nilai-nilai Islam pada tahun 2020.

  1. Misi Pendidikan
    Menyiapkan manajer dan wirausaha yang memiliki kemampuan inovasi, pengambilan keputusan, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal berlandaskan nilai-nilai Islam melalui kurikulum yang dinamis, berwawasan global dan memiliki kearifan lokal.
  2. Misi Penelitian
    Mengembangkan kajian dan penelitian berbasis kasus-kasus bisnis lokal dan internasional yang berkualitas serta dipublikasikan pada media/kegiatan ilmiah bereputasi nasional/internasional.
  3. Misi Pengabdian Masyarakat
    Memberikan pengabdian dengan melakukan kegiatan pengembangan manajemen bagi UKM dan organisasi nirlaba secara profesional.
  4. Misi Etika Moral
    Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan mampu mengabdikan ilmunya untuk kemaslahatan umat.

Program MM UMY mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi teoritik dan teknis di bidang bisnis dan manajemen berstandar nasional dan internasional yang memiliki integritas moral dan kepekaan sosial.
  2. mewujudkan karya-karya ilmiah civitas akademika dalam publikasi nasional dan internasioanl yang berkontributif dalam pengembangan kajian bisnis dan manajemen.
  3. mewujudkan model-model studi dan implementasi manajemen terapan melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada sektor UKM dan organisasi nirlaba.
  4. Mewujudkan lulusan dan civitas akademika yang memiliki integritas dan berperilaku sesuai dengan pandangan hidup Muhammadiyah.

Hubungi Kami

Untuk mengetahui lebih detail tentang Program Studi Magister Manajemen silakan menghubungi kontak representatif kami.

0274-387656 Ext. 133

+6281267764 (Whatsapp)

Gedung Pascasarjana Lt. 1 Kampus Terpadu UMY Jl. Lingkar Selatan, Bantul Yogyakarta, 55183