Dipublikasikan melalui laman resmi Magister Studi Islam, rangkaian prestasi telah banyak diraih oleh alumni Magister Studi Islam (MSI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Antara lain alumni MSI angkatan 2015, Azizah Herawati. Pada 19 Desember 2020, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Webinar dan Penganugerahan Fachrodin Award 2020 yang dilaksanakan melalui zoom dan bisa disimak melalui Youtube Channel Muhammadiyah.

Ibu tiga anak yang biasa dipanggil Bu Smart di kampus UMY itu meraih juara 1 dalam ajang Penganugerahan Penghargaan Fachrodin 2020 tersebut. Azizah menulis naskah berjenis feature dengan judul “Kesuksesan Balik Kayuhan Sepeda Tua”. Tulisan ini mengangkat tokoh di balik kesuksesan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muntilan yang sederhana dan bersahaja dengan sepeda orang tuanya, bernama Pak Trimo. Dalam komentarnya Azizah mengatakan, “Awalnya minder, seperti mimpi, tidak percaya karena ada 67 naskah yang masuk ke meja panitia dan kebanyakan jurnalis, saya hanya penulis pemula yang masih terus belajar.”

Fachrodin Award 2020 diselenggarakan oleh MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai ajang penghargaan terhadap karya terbaik jurnalistik tentang peran dan kiprah Muhammadiyah di tingkat lokal. Motivasi Azizah mengikuti Fachrodin Award 2020 adalah untuk mengasah kemampuan menulis dan menjadikan ajang ini sebagai kesempatan untuk mengangkat tokoh lokal yang nyaris terlupakan, padahal jasanya luar biasa bagi persyarikatan.

Azizah menyampaikan pesan dan kesannya untuk kegiatan tersebut, ”Lanjutkan acara ini untuk mensyiarkan Muhammadiyah dari seluruh pelosok negeri. Fachrodin Award 2020 ini Luar biasa, karena dari situ kita jadi tahu siapa penggagas Suara Muhammadiyah.” Mantan aktifis Nasyiatul Aisyiyah yang kini aktif di ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah ini juga menulis beberapa antologi, jurnal dan artikel di media massa baik media cetak maupun online.

Berikut gambar ungkapan rasa syukur dan kegembiraannya ketika Penyuluh Teladan Nasional 2015 asal Magelang, Jawa Tengah ini memperoleh penghargaan yang ditulis di akun media sosialnya. (Ah)

Latest News